Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Resiliensi Peserta Didik Di Smk Mansyaul Huda

  • Nur Faiz Habibah Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi
Keywords: Internalisasi nilai-nilai Islam, Resiliensi siswa

Abstract

Kehidupan setiap peserta didik mempunyai berbagai macam permasalahan pribadi yang berbeda-beda. Lingungan peserta didik yang memberikan contoh dalam setiap perilaku yang dapat direkam oleh peserta didik kemudian untuk diikuti dalam kehidupan peserta didik. Internaliasi nilai-nilai Islam menjadi kunci pendidik dalam membiasakan periku peserta didik supaya menjadi lebih baik.

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan resiliensi peserta didik. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif naturalistik, dengan lokasi di SMK Mansyaul Huda yang berada di bawah yayasan Pondok Pesantren Mansyaul Huda desa kedungasri kecamatan Tegaldlim kabupaten Banyuwangi. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, dan analisis dokumen. Dalam pengujian keabsahan data diukur dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber, metode, melakukan perpanjangan waktu pengamatan, pengecekan dengan teman sejawat melalui diskusi, dan member-check. Analisis data dilakukan dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan pengambilan kesimpulan

Keberagaman problem peserta didik yang diimbangi dengan internaliasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan mempunyai peran yang signifikan dalam peningkatan resiliensi peserta didik. Peserta didik yang mendapatkan pengetahuan tentang nilai-nilai Islam semakin menyadari bahwa setiap permasalahan yang dihadapi peserta didik mempunyai cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan resiliensi untuk mengatasi setiap permasalahan yang ia hadapi. Hail dari internalisasi nilai-nilai Islam yang diterapkan di SMK Mansyaul Huda ialah mengalami peningkatan resiliensi bagi peserta didik.

Published
2020-05-17
How to Cite
Habibah, N. (2020). Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Meningkatkan Resiliensi Peserta Didik Di Smk Mansyaul Huda. MUNAQASYAH : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(2 Mei), 160-178. Retrieved from http://ejournal.stib.ac.id/index.php?journal=mnq&page=article&op=view&path[]=65