Problematika Penentuan Status Kalimat dalam Pembelajaran Bahasa Arab

  • Vaesol Wahyu Eka Irawan Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi
Keywords: Status Kalimat, Pembelajaran, Bahasa Arab

Abstract

Abstrak Berbicara lancar menggunakan bahasa arab bisa diketahui oleh siapapun. Akan tetapi keahlian dalam penentuan status masing-masing diksi kalimat yang tersusun memerlukan keilmuan lebih khusus, seperti penguasaan disiplin ilmu Nahwu dan Saraf. Mahasiswa di Perguruan Tinggi, dengan latarbelakang yang cukup kompleks menjadi faktor utama kelemahan dalam penerimaan materi disiplin ilmu Nahwu dan Saraf. Salah satu yang menjadi bahasan dalam permasalahan pembelajaran bahasa Arab penentuan status kalimat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Pustaka atau Literatur (Library Research). Pengumpulan data menggunakan buku-buku pustaka, sedangkan pengujian data menggunakan analisis deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian di dapat kesimpulan; lemahnya pengetahuan mahasiswa tentang tanda masing-masing kalimat., kemudian lemahnya minat belajar secara mandiri., dan lemahnya dorongan ekternal Mahasiswa. Untuk menghindari problematika tersebut, setiap pelajar perlu memaksimalkan secara mandiri atau melalui kondisi lingkungan untuk mendukung tercapainya kompetensi penentuan status kalimat dalam bahasa arab.

Published
2022-10-27
How to Cite
Irawan, V. W. (2022). Problematika Penentuan Status Kalimat dalam Pembelajaran Bahasa Arab. MOMENTUM : Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 248-263. https://doi.org/10.29062/mmt.v11i2.164