Pengaruh Kedisiplinan Guru Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana kedisiplinan guru Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang, 2) Bagaimana motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang, dan 3) Bagaimana pengaruh kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik pada Madarasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang. Jenis penelitian ini tergolong kuantitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ex post facto. Adapun populasi/sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas tinggi. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket/kuesioner. Lalu, tehnik pengolahan dan analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil yang diperoleh pada penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Kedisiplinan guru pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang pada interval 61 – 65 yakni berada pada frekuensi 16 atau 40%. 2) Motivasi belajar peserta didik pada Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang berada pada interval 61 – 65 yakni berada pada frekuensi 20 atau 50%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan guru terhadap motivasi belajar peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang , hal tersebut dapat diketahui berdasarkan tabel coeeficiens (α) diperoleh nilai thitung = 6,952. Nilai ttabel dapat dicari diperoleh 1.684 sehingga membandingkan ttabel dan thitung ternyata thitung = 6,952 > ttabel = 1.684, maka Ho ditolak dan H1 diterima sehingga terdapat pengaruh antara kedisiplinan guru (x1) terhadap motivasi belajar (y) di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Labakkang.
Copyright (c) 2020 MOMENTUM : Jurnal Sosial dan Keagamaan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.