Peran Guru PAI dalam Membentuk Akhlak Siswa Studi Kasus di SMK Darul Falah Bulurejo
Abstract
Dengan penekanan yang kuat pada pendidikan akhlaqul karimah, maka siswa akan memiliki keunggulan kompetitif, dibantu oleh peningkatan pemahaman keagamaan, kapasitas intelektual dan pemahaman teknologi. Paper ini bertujuan untuk menganalisis peran guru Pendidikan Agama Islam sebagai fasilitator, motivator dan edukator dalam membentuk akhlak mulia para siswa di SMK Darul Falah Bulurejo. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif atau fenomenologi, yaitu menganalisis fakta yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari perilaku yang dapat diamati. Hasil temuan menunjukkan peran guru pendidikan agama islam dalam memfasilitasi, memotofasi dan mendidik para siswa agar mampu memiliki etika dan adab yang kuat, baik ketika berintraksi dengan guru, siswa dan masyarakat di luar sekolah, dengan melaksanakan kegiatan-kegiatan seperti, membaca al-Qur’an sebelum memasuki kelas, memperingati hari-hari besar islam, menghafal al-Qur’an juz 30 untuk kelas 3 pada hari Sabtu, melalui jalur tahfidzul qur’an 2 juz, latihan hadrah setiap Rabu malam, mengaji kitab kuning, menyimak hafalan juz 30 siswa kelas XII, dan membuat semacam kartu hafalan untuk memantau sejauh mana hafalan siswa.