Peran Organisasi IPNU IPPNU Pimpinan Ranting Gintangan Dalam Pembinaan Kepribadian Remaja di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Ayu Cantika Kurniawati. Peran Organisasi IPNU IPPNU Pimpinan Ranting Gintangan dalam Pembinaan Kepribadian Remaja di Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi,. Progam Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Islam Blambangan (STIB) Banyuwangi, yang dibimbing oleh Hadiqoh Asmuni, S.Pd.I., M.Pd. dan Hendro Juwono, ST., MM. Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu : (1) Untuk mengetahui peran IPNU IPPNU dalam rangka meningkatkan kepribadian remaja di Pimpinan Ranting Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. (2) Untuk mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung pembinaan kepribadian remaja IPNU IPPNU di Pimpinan Ranting Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. (3) Untuk mengetahui dampak pembinaan kepribadian remaja dalam Organisasi IPNU IPPNU di Pimpinan Ranting Desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi. Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan metode pendekatan Kualitatif, jenis penelitian deskriptif, dan untuk memperoleh data yang berkaitan dalam penelitian ini penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisi data dalam penelitian ini menggunakan tiga tahapan yaitu reduksi data, data display, dan kesimpulan. Dalam mengetahui kevaliditasan data dalam penelitian ini penulis menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian adalah sebagai berikut, (1) pembinaan kepribadian remaja di IPNU dan IPPNU Pimpinan Ranting desa Gintangan Kecamatan Blimbingsari Kabupaten Banyuwangi memberikan arahan dan nasihat yang baik untuk menjadikan para anggota atau kadernya memiliki pribadi yang condong ke kepribadian muslim, melalui rutinan dan pelatihan yang didalamnya lebih fokus untuk tunduk dan patuh dalam memperbaiki diri serta melakukan hal kebaikan, (2) Faktor pendukung dalam pembinaan kepribadian remaja IPNU dan IPPNU desa Gintangan adanya lingkungan yang mendukung, baik dari lingkungan masyarakat maupun tempat dari pelaksanaan pembinaan. Adanya dukungan dari orang tua untuk mengikuti kegiatan atau agenda yang diselenggarakan oleh pengurus IPNU dan IPPNU Pimpinan Ranting desa Gintangan. Serta sarana dan prasarana yang sangat memadai sehingga kegiatan pembinaan dapat berjalan dengan baik dan lancar. Sedangkan faktor hambatan pembinaan kepribadian remaja yaitu kurangnya kekompakkan dan kesadaran diri dari remaja IPNU dan IPPNU desa Gintangan dalam mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh pengurus dikarenakan sebagian dari anggotanya masih duduk dibangku sekolah dan sebagian lainnya sudah bekerja. (3) Dampak pembinaan kepribadian ini berdampak pada kepribadian muslim yang kreatif dan semangat dalam menjalani hidup bermasyarakat seperti lebih rajin dalam beribadah, kemampuan mengimami tahlil saat Rutinan atau pengajian, bahkan bisa menjadi MC dalam sebuah acara.