Profesionalisme Guru PAI dalam Menaggulangi Kenakalan Siswa di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi

  • Muhtar Gozali
  • Mar Syahid STIB Banyuwangi
Keywords: Profesionalisme, kenakalan siswa, strategi guru PAI.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ipentingnya profesionalisme guru PAI di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi. Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kenakalan siswa di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi Tahun Ajaran 2020 – 2021 3) Untuk menganalisis lebih jauh tentang strategi profesionalisme guru PAI dalam menghadapi masalah kenakalan siswa di Pondok Modern Darussalam Gontor. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. dalam melaksanakan tugas akhir ini dengan maksud agar mendapatkan keabsahan data dan kevalidan data yang sedang digapai. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, guru mata pelajaran PAI di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi memiliki wewenang penuh dalam mengatasi kenakalan siswa yang menyimpang dari norma dan aturan yang berlaku. Kedua, ada beberapa faktor kenakalan siswa di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi yang mana terjadi karena usia mereka yang masih labil dan pencarian jati diri, salahnya mencari teman dalam pergaulan, dan kurangnya kasih sayang orang tua terhadap anaknya sehingga menyebabkan anak leluasa dalam melakukan segala hal yang diinginkan. Ketiga, Profesionalisme Guru PAI di Pondok Gontor kampus 4 banyuwangi selalu di terapkan sehingga mampu menanggulangi pelanggaran yang dilakukan oleh siswa.

Published
2022-08-09