Urgensi Motivasi Dalam Mengembangkan Minat Belajar Siswa Kelas 5H KMI di Pondok Modern Gontor Kampus 4 Darul Muttaqien Banyuwangi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hal-hal berikut: 1) peran wali kelas sebagai motivator dalam mengembangkan minat belajar siswa 5H KMI. 2) Alasan mengapa motivasi wali kelas dapat mengembangkan minat belajar siswa kelas 5H KMI. 3) Tingkat urgensi motivasi wali kelas dalam mengembangkan minat belajar siswa kelas 5H KMI tahun ajaran di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah metode penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan secara deskriptif. Adapun jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu Field Research. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan reduksi data, display data, triangulasi, dan penarikan kesimpulan. Dari analisis data yang dilakukan oleh peneliti ditemukan bahwa 1) Peran wali kelas sebagai motivator dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas 5H KMI di Pondok Modern Gontor Kampus 4 Banyuwangi adalah dengan memberi motivasi berupa nasihat kepada anak-anak agar mereka selalu semangat dan dapat menimbulkan sebuah motivasi belajar dalam diri mereka yang akan menciptakan minat yang cukup besar dalam proses belajar mengajar dikelas, 2) Alasan yang mendasar mengapa motivasi wali kelas dapat menimbulkan dan mengembangkan minat belajar siswa kelas, karena diantara motivasi dan minat belajar memiliki keterkaitan antara satu dengan yang lain yang dimana motivasi adalah sebagai tenaga pendorong atau penggerak, sedangkan minat adalah suatu kunci yang menentukan arah perbuatan yang dilakukan oleh seseorang setelah mendapatkan motivasi. 3) Adapun tingkat urgensi motivasi wali kelas dalam mengembangkan minat belajar siswa kelas 5H KMI di Pondok Modern Darussalam Gontor Kampus 4 Banyuwangi ialah sangat penting.