Amtsal Al-Qur’an dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Agama Islam

  • Moh. Ali Mas'ud Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi
Keywords: Amstal al-Qur’an, Kurikukulum Pendidikan Agama Islam

Abstract

Abstrak Perkembangan dan kemajuan pendidikan di Indonesia sangat signifikan, mulai dari sistem pelaksanaan pendidikan, Isi Pendidikan, Kurikulum, Metode Pembelajaran, Sarana dan Prasarana dalam Pendidikan. Al-Quran sebenarnya sudah memberi petunjuk terkait bagaimana dan seperti apa arientasi daripada pendidikan, termasuk masalah amtsal. Kelemahan dalam melakukan kajian terhadap sumber utama hukum Islam menyebabkan kurangnya pelaksanaan penelitian terhadap isi al-Qur’an khususnya yang berhubungan dengan pendidikan. al-Qur’an memuat isi yang menjawab berbagai problematika kehidupan, sehingga eksplorasi al-Quran harus terus digalakkan dan ditingkat. Artikel ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian pustaka. Dari kajian yang telah dilakukan dapat disimpulkan Tujuan : tujuan yang ada dalam Amsal atau tujuan dibuatnya amsal dalam al-Qur’an adalah supaya manusia itu berpikir. Hal ini tidak bertentangan dengan tujuan pendidikan, dimana tujuan pendidikan adalah agar manusia dapat berpikir dan menjadi dewasa. Materi  : dalam Amsal al-Qur’an materi-materi yang ada meliputi materi-materi yang biasa diajarkan dalam pendidikan agama Islam yaitu meliputi : bidang keimanan, akhlak, ibadah, sejarah, dan keilmuan. Metode : dalam hal ini dapat kita perhatikan dengan jelas bahwa metode yang dipakai adalah dengan cara menjelaskan atau mengungkapkan hal-hal yang bersifat abstrak menjadi konkrit dengan jalan memperumpamakan sifat-sifat yang terdapat pada hal yang abstrak dengan sifat-sifat yang ada pada yang sudah diketahui umum. Media  : dalam memperumpamakan hal yang abstrak tersebut Amsal al-Qur’an menggunakan media yang sangat nyata kita lihat sehari-hari yaitu media kesemestaan (alam semesta). Evaluasi   : dalam Amsal al-Qur’an ini penulis tidak menemukan unsur-unsur evaluasi sebagaimana komponen kurikulum pendidikan untuk menilai suatu keberhasilan yang telah diusahakannya.

 

Published
2020-11-26
How to Cite
Mas’ud, M. (2020). Amtsal Al-Qur’an dalam Perspektif Kurikulum Pendidikan Agama Islam. MUNAQASYAH : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 54-78. Retrieved from https://ejournal.stib.ac.id/index.php?journal=mnq&page=article&op=view&path[]=110