Mediation Approach : Strategi Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan

  • Ruqoiyah Ruqoiyah Sekolah Tinggi Islam Blambangan Banyuwangi
Keywords: Mediation Approach, Strategi Kepala Sekolah, Manajemen Konflik

Abstract

Tantangan masyarakat Indonesia, terutama bagi generasi milenial adalah penguatan literasi digital dan filterisasi informasi. Para pengguna tekhnologi komunikasi seperti smartpone perlu diimbangi dengan wawasan dan pemahaman yang tepat terhadap pengaruh penggunaan media komunikasi tersebut. Media komunikasi pintar (smartpone) yang dilengkapi dengan fitur mutaakhir dan berkemampuan tinggi seharus nya juga dipegang oleh orang-orang pintar, yaitu orang-orang yang bisa memanfaatkan media tersebut secara dan bijak. Sekolah merupakan tempat pengembangan potensi diri siswa dengan proses belajar mengajar yang dilakukan secara periodesasi dan terstruktur. Di sekolah juga berpotensi terjadinya konflik antar siswa, siswa dengan guru, dan guru dengan orang tua (wali murid). Konflik dapat diartikan dengan perselisihan atau pertentangan. Lembaga sekolah atau guru seringkali menjadi kambing hitam atas sikap berlebihan orang tua dalam merespon perilaku nakal anaknya setelah mendapat hukuman. Orang tua pada umumnya kurang memperhatikan sebab dan akibat yang ditimbulkan oleh tingkah nakal siswa disekolah, justru orang tua lebih focus pada ekspresi berlebihan untuk menceramahi dan mengata-ngatai para guru disekolah karena dinilai kurang becus mendidik siswa, hal semacam ini sebenarnya dapat dicarikan solusi terbaik, salah satunya melalui pendekatan mediasi. Metode Penelitian adalah penelitian deskripsi dengan pendekatan pustaka. Berdasarkan hasil analisis sumber data dapat disimpulkan bahwa pendekatan mediasi dapat diimplementasikan pada konflik internal dan eksternal lembaga pendidikan. Pendekatan mediasi dilakukan dengan dua tahapan. Tahapan pertama adalah mediasi dektoral, dan tahapan kedua adalah mediasi lintas sektoral. Dua tahapan tersebut ditempuh secara berurutan atau tertib, demi menghasilkan keterangan dan kesimpulan menyeluruh.

Published
2021-07-09
How to Cite
Ruqoiyah, R. (2021). Mediation Approach : Strategi Kepala Sekolah dalam Manajemen Konflik di Lembaga Pendidikan. MUNAQASYAH : Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2), 212-225. Retrieved from https://ejournal.stib.ac.id/index.php?journal=mnq&page=article&op=view&path[]=142